Gelar Reses, Karding: Pelaku Usaha Harus Bisa Beradaptasi Hadapi Pandemi

KeuanganOnline, Magelang – Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VI, Abdul Kadir Karding mengisi masa reses dengan memberi perhatian pedagang dan tukang ojek di kawasan wisata Candi Mendut dan Borobudur, pada Kamis sore (6/8) di Hotel Trio Magelang.

Politisi PKB tersebut, memberikan paket sembako kepada puluhan orang dalam mengisi masa reses sejak Rabu lalu sampai Senin lusa. Selain itu, Karding juga memberi materi pada pelatihan di wilayah Dapil Jateng VI yang meliputi Wonosobo, Temanggung, Purworejo, dan Magelang kerja sama dengan Kementerian Koperasi.

“Saya memberi materi pelayanan UKM di Magelang untuk memperkuat supaya bisa adaptasi dengan keadaan sekarang. Sekaligus buat tambahan skil cara masuk pasar dengan baik, agar pelaku usaha bidang kuliner dan wisata bisa adaptasi sekaligus tangguh menghadapi kondisi sekarang,” katanya.

Sementara itu ketika ditemui di sela-sela gowes, didampingi Ketua DPC PKB Kabupaten Magelang Suwarsa menyatakan menaruh perhatian bagi pedagang dan tukang ojek di Candi Borobudur dan Mendut.

Dengan pertimbangan karena sejak adanya covid-19 usaha mereka berhenti. Dia tidak bisa membantu dalam jangka panjang. Tetapi setidaknya kepeduliannya dapat berarti bagi mereka.

Salah satu pedagang Candi Mendut Grismei Handayani (40) mengatakan selama beberapa bulan ini usaha dia tutup total, sehingga tidak ada pemasukan sama sekali.

“Dengan bantuan ini sangat membantu,” tutur pedagang baju dan souvenir itu.

Selama beberapa bulan ini, lanjutnya, dia di rumah dan tidak bekerja. Harapan dia sektor pariwisata bisa mendapat izin agar bisa buka. Itu karena sebagian besar mata pencahariannya berdagang souvenir. Di Candi Mendut ada 86 pedagang kuliner, asongan dan warung makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *