Minggu, 25 Juli 2021

KeuanganOnline.id

Portal Informasi Keuangan dan Pemerintaha

Vaksinasi Individu Berbayar di Kimia Farma, Berikut Harganya

vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm

Jakarta – Kimia Farma Siapkan 1,5 Juta Dosis Sinopharm untuk Vaksin Berbayar Untuk tahap pertama, Kimia Farma telah memperoleh 500 ribu dosis vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong royong individu.

PT Kimia Farma Diagnostika, cucu usaha PT Kimia Farma Tbk, menyiapkan 1,5 juta dosis vaksin gotong royong untuk individu di Jawa dan Bali. Program ini akan memakai vaksin virus corona buatan Tiongkok, yaitu Sinopharm.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra mengatakan untuk tahap pertama sudah masuk 500 ribu vaksin.

“Satu juta lagi di batch kedua. Jadi, totalnya 1,5 juta dosis,” katanya dalam konferensi pers daring, Minggu (11/7), dikutip dari Antara.

Program vaksinasi gotong royong individu tahap pertama akan tersedia di delapan klinik yang tersebar di enam kota. Sebanyak tiga klinik di Jakarta. Lalu, satu klinik masing-masing di  Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, dan Bali.

BACA JUGA :   Penerbangan dari Jakarta ke Bali dan Sebaliknya Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksinasi dan Hasil Tes PCR

Harga vaksinasi gotong royong telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/4643/2021. Aturan ini menyebut harga pembelian vaksin produksi Sinopharm sebesar Rp 321.660 per dosis.

Tarif maksimal jasa pelayanan vaksinasinya sebesar Rp 117.910 per dosis. Dengan demikian, setiap satu dosis penyuntikan vaksin peserta harus mengeluarkan Rp 439.570.

Artinya, harga vaksinnya per individu adalah Rp 879.140 untuk dua dosis vaksin.

Cara Daftar Vaksinasi Individu Kimia Farma Masyarakat yang ingin mengikuti program vaksinasi berbayar ini harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. 

Ada tiga cara melakukannya. Pertama, melalui kontak telepon atau call center Kimia Farma di nomor 1-500-255.

Kedua, melalui situs www.kimiafarmaapotek.co.id. Dari sini, peserta akan diarahkan ke koneksi nomor WhatsApp Kimia Farma. 

BACA JUGA :   Pemerintah Harus Menjadi Co-Sponsor TRIPS Waiver & Mengawal Ketat Negosiasi di WTO

Ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile yang tersedia di Google PlayStore dan Apple AppStore. Namun, pendaftaran melalui aplikasi ini baru dibuka pada 15 Juli 2021 karena masih dalam proses penyempurnaan.

Pada saat pendaftaran, peserta program dapat menentukan waktu dan lokasi vaksinasinya. “Paling ideal, calon peserta mendaftar melalui KF Mobile untuk menghindari antrean panjang,” kata Agus.

Lokasi Klinik Kimia Farma yang Sediakan Vaksinasi Individu Untuk tahap pertama, klinik Kimia Farma yang menyediakan vaksinasi gotong royong untuk individu adalah:

  1. Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  2. Kimia Farma Pulo Gadung, Jakarta Timur, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  3. Kimia Farma Blok M, Jakarta Selatan, dengan kapasitas 100 sampai 200 orang per hari.
  4. Kimia Farma Supratman (Drive Thru), Bandung, Jawa Barat, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  5. Kimia Farma Citarum, Semarang, Jawa Tengah, dengan kapasitas 100 orang per hari.
  6. Kimia Farma Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah, dengan kapasitas 500 orang per hari.
  7. Kimia Farma Sedati, Surabaya, Jawa Timur, dengan kapasitas 200 orang per hari.
  8. Kimia Farma Batubulan, Bali, dengan kapasitas 100 orang per hari.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *