Membanggakan, Sembilan Prestasi Mahasiswa UIN Bandung Raih Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional

Bandung– Wakil Rektor III UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag menjelaskan dalam satu bulan ini terdapat sembilan prestasi mahasiswa yang berhasil mengharumkan nama kampus dan membanggakan dari tingkat regional, nasional sampai internasional.

Kesembilan mahasiswa itu Abdullah Alwi, jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) semester V berhasil mendapatkan rekognisi global kategori best Verbal Commendation Asia Youth International Mun Virtual Conference; Siti Saadah, Rina Nurlaelasari, Widia Sari, jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) angkatan 2018 meraih juara kedua LKTIN pada ajang Chemistry Creative Contest (C3) Nasional Kimia Expo UPI 2020; Mohammad Ilham, jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) angkatan 17 meraih Medali Perak (juara 2) Mathematics Chalenge 2020 di Universitas Negeri Padang;

Surya Adam Hasibuan dan Laelatul Dwina Apriani, jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) semester 3 meraih Juara 1 podcast Islami tingkat Provinsi Jawa Barat dan meraih Juara 2 lomba Cipta Cerpen Inspiratif tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh HIMAPIS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon; Surya Adam Hasibuan juga menorehkan prestasi Juara 2 Podcast tingkat Nasional yang digelar oleh Assalam POLBAN DKM Lukmanul Hakim;

Yonan, jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) meraih Juara 2 Lomba Esai Bahasa Arab (Insya Aroby) dalam acara Sunan Kalijaga Arabic Festival (Sukarabic Fest) ke-3 tahun 2020 yang diselenggarakan secara online oleh Himpunna Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta;

BACA JUGA :   Dosen UIN Bandung : Tampil di Konferensi Bisa Jadi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Muhammad Irfan Fauzi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) angkatan 2017 meraih Juara 1 Lomba Membaca Puisi Tingkat Mahasiswa se-Nusantara dalam rangka Pekan Budaya FAH 2020 yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya buat kesembilan mahasiswa UIN Bandung yang telah menorehkan prestasi membanggakan di tengah pandemi Covid-19. Tentunya ini mengharumkan nama UIN Bandung di kancah nasional, internasional. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi dan inspirasi mahasiswa lain untuk meraih prestasi di event-event lain”, tegasnya, Kamis (19/11/2020).

Dekan FAH, Dr. H. Setia Gumilar, S.Ag.,M.Si, menuturkan ini salah satu rekognisi global mahasiswa semester V jurusan BSA UIN Bandung. Abdullah Alwi menjadi salah satu pemenang dari 5 kategori yang diperebutkan oleh 1000 mahasiswa dari 50 negara.

“Kategori yang diperebutkan oleh 1000 peserta pada kegiatan tersebut, pertama, Best delegate, Kedua, Honorable mention, ketiga, Most outstanding delegate, Keempat, Verbal Commendation, Kelima Best position paper. Alhamdulillah perjuangan Alwi sukses menyabet gelar no empat (Verbal Commendation) pada kegiatan itu,” tuturnya.

BACA JUGA :   Dosen UIN Bandung : Tampil di Konferensi Bisa Jadi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Sementara Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si, menyampaikan tiga mahasiswa Kimia di bawah bimbingan ibu Vina Amalia yang mengangkat judul Pengolahan Limbah Masker Sekali Pakai Menjadi Bahan Bakar Menggunakan Metode Pirolisis.

“Kehadiran suasana pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk meraih prestasi,” tandasnya.

Ddi tempat yang sama, Dekan FU, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag mengungkapkan, Ini merupakan prestasi gemilang sehingga menambah kebanggaan untuk kampus.

“Tentu anugerah ini menjadi teladan bagi yang lain. Raihlah berbagai penghargaan melalui kesungguhan. Terus berinovasi melalui proses kreatif untuk sukses dan berhasil,” paparnya.

Dekan FDK, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag menegaskan prestasi yang diraih Irfan Fauzi adalah buah dari kerja keras dan ketekunannya untuk on going proces dalam berkarya.

“Spirit karya dan iklim juara yang diatmosfirkan di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam juga ikut memantik seluruh mahasiswanya, termasuk Irfan untuk terus berprestasi,” tuturnya.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kita untuk tetap berkarya dan berinovasi serta berprestasi. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan pemicu semangat bagi mahasiswa yang lain.

“Juara yang di raih Irfan bukan satu-satunya. Ia sudah banyak meraih prestasi dalam bidang yang lainnya. Selamat untuk prestasi yang membanggakan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *