Marak Kasus Penyelundupan Ilegal, AMD: Aroma Tidak Sedap Di Lingkungan Kemenkeu

Aksi Protes Aliansi Mahasiswa DKI Jakarta (AMD) di Depan Kantor Kemenkeu Jakarta (24/7).

Jakarta – Banyaknya kasus penyelundupan yang terjadi di Indonesia menjadi sorotan Aliansi Mahasiswa DKI Jakarta (AMD), terlebih posisi Dirjen Bea Cukai. Sebagai bentuk kecewaannya atas maraknya penyelundupan yang tersebut AMD menggelar aksi protes di depan gedung Kementerian Keuangan dan Istana Negara Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Abraham Koordinator Aksi AMD menyebutkan, kami melihat semenjak dirjen bea cukai dipimpin oleh Heru Pambudi sepertinya tidak bekerja dengan maksimal karena banyak sekali terjadi penyelundupan, tak jarang saudara Heru Pambudi dipanggil oleh pihak yang berwajib terkait dengan beberapa kasus penyelundupan barang.

“adanya kasus penyelundupan tekstil illegal yang dikirim dari China ke Jakarta yang telah berlangsung selama satu tahun, sebanyak 27 kontainer barang bukti tekstil illegal yang tertangkap dan ditahan di pelabuhan tanjung priok itu hanya sebagian dari ratusan kontainer yang lolos masuk kejakarta dalam satu tahun terakhir,” Ungkap Abraham.

Bram juga mengatakan, tekstil impor tersebut illegal karena lolos masuk ke Indonesia tanpa membayar bea cukai masuk safeguard. Namun anak buah dirjen bea cukai tidak pernah melakukan penindakan terhadap kasus tersebut.

“Kami menilai dirjen bea cukai harus diganti, untuk memenuhi regenerasi kepemimpinan jabatan strategis, kami mencium aroma tidak sedap di lingkungan kementerian keuangan sebab kemenkeu seolah sangat mempertahankan Dirjen Bea Cukai dan berdasarkan info yang kami terima dari sumber yang dapat dipercaya saudara Heru Pambudi akan diangkat kembali menjadi Dirjen Bea Cukai, ada apa dibalik semua ini, apa hubungan Sri Mulyani dengan Heru Pambudi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Anggota komisi III pun pernah meminta Jaksa Agung untuk menjerat seluruh pejabat bea cuki yang terlibat dalam kasus korupsi penyelundupan impor tekstil bea cukai. Menkopolhukam bapak Mahfud MD pernah memanggil Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi terkait penyelundupan harley davidson dan sepeda brompton yang dilakukan oleh mantan Dirut Garuda.

“Kami meminta Presiden mencopot Menteri Keuangan Srimulyani dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, sebab banyak sekali kegagalan yang terjadi semenjak kepemimpinannya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *