Jokowi Geram Kinerja Para Menterinya, Pengamat : Terawan Salah Satu Menteri Terancam Reshuffle

Presiden Jokowi Saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/6/2020) lalu.⁣

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah dan kecewa atas kinerja menteri-menterinya. Tak cuma itu, ia bahkan mengancam akan mereshuffle para menteri. Hal ini karena Jokowi menganggap kinerja para menterinya masih biasa-biasa saja dan tidak ada kemajuan signifikan di tengah situasi krisis akibat wabah COVID-19 pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/6/2020) lalu.⁣

Salah satu menteri yang mendapat sindiran dan kemarahan Jokowi adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ia dinilai gagal merealisasikan anggaran belanja senilai triliunan rupiah untuk berbagai program penanganan pandemi.

Sebenarnya, bukan kali ini saja Terawan mendapat sorotan, sejak pertama wabah virus corona muncul ia kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang kontroversial. Tak cuma itu, publik juga sempat mempertanyakan keberadaannya yang sering kali tak terlihat dalam berbagai rapat.⁣

Menurut Ujang Komarudin, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Terawan jadi salah satu menteri yang akan terancam jika Jokowi benar-benar mereshuffle para menterinya. Alasannya, Terawan berasal dari kalangan profesional sehingga tidak memiliki back up dari partai politik.

BACA JUGA :   Hasil Survei ASI, Kinerja Kabinet Jokowi dibawah Rata-rata 50 Persen

“Yang sangat tersirat menkes. Menkes langsung dihajar tanpa tedeng aling-aling dan menkes bisa terancam,” ujar Ujang pada Selasa (30/6/2020).

Selain tidak memiliki back up dari partai politik, Menkes Terawan dianggap memiliki kinerja yang tidak memuaskan.

“Dia (Terawan) seorang profesional, seorang dokter, tak memiliki back up politik dari partai politik. Jadi Terawan rawan digusur. Alasannya tentu kinerjanya tak memuaskan sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh Jokowi dalam video tersebut,” kata dia.

Namun, ia mengaku belum terlalu mengetahui sosok yang bisa menggantikan posisi Terawan jika benar akan diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *