Walikota Jaksel Dipilih menjadi Sekda DKI Jakarta

Jakarta – Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (55) dipilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berdasarkan hasil konfirmasi oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono.

Pelantikan Marullah sebagai Sekda Pemprov DKI Jakarta akan berlangsung pada Senin (18/1), di Balaikota Jakarta.

Marullah yang lahir di Pondok Labu ini dipilih sebagai Sekda Pemprov DKI karena meraih skor tertinggi dalam proses lelang jabatan Sekda Pemprov DKI Jakarta yang dirilis pada Oktober 2020.

Marullah Matali adalah putra daerah kelahiran Pondok Labu, Jakarta Selatan. Menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan sejak 5 Juli 2018. Sebelumnya sempat menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan Sekda akan dilantik nanti sore sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Pertama, nanti jam 16.00, Pak Marullah Matali Sekda yang baru sesuai aturan dan mekanisme, proses pemilihan sejak awal dilakukan sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang ada, dilakukan secara profesional, transparan sampai dengan tiga besar. Dan sudah diserahkan kepada pemerintah pusat karena Sekda ini eselon I bagian dari kewenangan pusat,” kata Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021).

BACA JUGA :   Jelang Konfresi Wilayah PWNU DKI Jakarta, ini Harapan Anak Muda NU

Wagub memastikan tidak ada lagi isu krusial terkait penunjukan Sekda. Sebab, sejak awal kandidat yang memenuhi kriteria Sekda diperkenankan mengikuti tahapan seleksi.

“Tujuannya adalah agar semua mendapatkan kesempatan yang sama, supaya semua bisa belajar dan tidak ada persaingan di internal. Semuanya berkompetisi dilakukan secara sehat dan pada akhirnya terpilih berdasarkan keputusan pemerintah pusat,” ujarnya.

Saat ini Marullah Matali mengemban tugas sebagai Wali Kota Jakarta Selatan. Sejauh ini, Anies Baswedan masih mencari sosok yang menggantikan Marullah sebagai Wali Kota Jaksel.

“Soal itu (pengganti Marullah) belum diputuskan. Nanti Pak Gubernur akan memimpin rapat untuk menentukan siapa akan menjadi Wali Kota Jaksel,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *