Banjir Bandang Gunung Mas, Bendung Katulampa Masih Terpantau Normal

Bogor – Banjir bandang melanda Kp. Gunung Mas Blok CDesa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten  Bogor, Jawa Barat, pada pukul 09.00 WIBmengakibatkan jalanan desa tergenang lumpur, Selasa (19/1).

Selain setelah sempat dilanda longsor pada (10/1) lalu, banjir juga mengakibatkan puluhan rumah warga rusak, bahkan beberapa akses jalan di wilayah tersebut tak dapat dilalui kendaraan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyatakan, 474 warga perkebungan teh Gunung Mas itu dievakuasi setelah banjir bandang tersebut.

 “134 kepala keluarga (KK) atau 474 jiwa sudah berhasil dievakuasi,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo seperti dikutip Antara.

Menurutnya, ratusan korban banjir bandang itu kini mengungsi di masjid yang lokasinya tak terdampak banjir. Budi mengatakan banjir bandang tersebut menyebabkan puluhan rumah warga rusak, bahkan beberapa akses jalan di wilayah tersebut tak dapat dilalui kendaraan.

Namun demikian, hingga kini ia belum dapat memastikan mengenai adanya korban jiwa atau korban hanyut terbawa aliran sungai yang meluap di kawasan Puncak itu, karena masih dalam proses penanganan.

“Tim BPBD terdiri dari tim evakuasi dan perlengkapan, tim tenda shelter logistik, serta tim P3K dengan ambulans untuk menjemput apabila ada pengungsi,” kata Budi.

Sementara Itu BPBD DKI Jakarta telah melaukkan Koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor terkait telah terjadinya banjir bandang yang disebabkan Longsor di Kp. Gunung Mas, Kab.Bogor. Sementara kondisi debit air Bendung Katulampa terpantau NORMAL, Masyarakat DKI Jakarta  dihimbau tenang & tidak perlu khawatir seperti dirilis dalam akun resmi  BPBD DKI Jakarta @BPBDJakarta.

“Update muka air selasa (19/1) sampai pukul 21.00 WIB 20 Cm (normal/siaga 4)serta tidak menunjkkan kenaikan yang signifikan akibat kejadian bajir bandang tersebut”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *